Monday 17 July 2017

Jenis - jenis Gunung

Jenis - jenis Gunung

secara garis besar, gunung terbagi dalam 2 jenis, yaitu gunung berapi atau gunung aktif dan gunung tidak aktif. berdasarkan bentuknya, gunung berapi terbagi beberapa jenis yaitu:

1. Stratovolcano

Gunung berapi tipe stratovolcano tersusun dari batuan hasil letusan dengan tipe letusan yang berubah - ubah, sehingga dapat menghasilkan susunan yang berlapis - lapis dari beberapa jenis batuan. selain itu, tipe letusan tersebut juga memberikan bentuk suatu krucut besar (raksasa) pada bagian puncak gunung, kadang - kadang bentuknya tidak beraturan karena letusan terjadi sudah beberapa ratus kali. kebanyakan gunung tipe stratovolcano memiliki ketinggian 2500mdpl. contoh dari gunung jenis ini adalah gunung merapi.

2. Perisai 


Gunung berapi tipe perisai tersusun dari batuan aliran lava yang pada saat diendapkan masih cair, sehingga tidak sempat membentuk suatu kerucut yang tinggi (curam). Bentukan dari gunung tipe ini akan berlereng landai dan susunannya terdiri dari batuan yang bersifat basaltik. Contoh dari gunung berapi jenis ini terdapat di Kepulauan Hawai.

3. Cinder Cone

Gunung berapi tipe cinder cone merupakan gunung berapi yang abu dan pecahan kecil batuan vulkaniknya menyebar di sekeliling gunung. Sebagian besar gunung jenis ini membentuk mangkuk di puncaknya. Gunung tipe ini jarang yang memiliki ketinggian di atas 500 meter dari tanah di sekitarnya.

4. Kaldera

Gunung berapi tipe kaldera terbentuk dari ledakan yang sangat kuat yang melempar ujung atas gunung sehingga membentuk cekungan. Contoh dari gunung berapi jenis ini.

No comments:

Post a Comment